Inilah Cara Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Cara Menggabungkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online – Mempunyai 2 atau lebih kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi seorang pekerja tidaklah heran. Hal seperti ini sangat sering terjadi disebabkan karena seseorang peserta BPJS Ketenagakerjaan memiliki lebih dari satu kartu kepesertaan.

Biasanya peserta tidak mengerti tentang kartu peserta BPJS ketenagakerjaan sehingga ketika dia telah keluar dari tempat kerja atau perusahaan yang lama dan kerja kembali di perusahaan yang baru dia tidak melapor bahwa dia sudah mempunyai kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Jika peserta tidak mau menggabungkan kartu BPJS Ketenagakerjaan, maka peserta tersebut akan mengalami kesulitan saat pencairan dana JHT. Sehingga sebaiknya jika sudah mengetahui jika peserta mempunyai kartu BPJS Ketenagakerjaan ganda sebaiknya secepatnya kartu anggota tersebut di gabungkan.

Di BPJS Ketenagakerjaan disebut Proses amalgamasi atau yang sering di sebut proses penggabungan 2 atau lebih kepesertaan. Sebenarnya proses ini cukup mudah namun proses tersebut hanya bisa dilakukan ketika kita masih menjadi peserta aktif atau masih berstatus karyawan di sebuah perusahaan.

Jika kita sudah tidak menjadi karyawan lagi, maka prosesnya agak sulit. jadi sebaiknya proses penggabungan saldo BPJS Ketenagakerjaan saat anda masih menjadi anggota yang aktif.

Nah, berikut lini syarat cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online serta dokumen apa yang harus disiapkan:

  • Bawa semua kartu KPJ yang saldonya hendak digabungkan
  • Fotocopy terlebih dahulu kartu peserta BPJS atau Jamsostek
  • Fotocopy E-KTP
  • Fotocopy kartu keluarga (KK)
  • Paklaring dari perusahaan lama atau surat keterangan berhenti kerja hari perusahaan sebelumnya.

Jika semuanya berkas diatas sudah lengkap segera datangi HRD perusahaan tempat anda bekerja saat ini, agar di uruskan penggabungan saldonya karena status anda masih karyawan jadi masih kewajiban perusahaan.
Namun jika ternyata anda ingin lebih cepat prosesnya, anda bisa mendatangi sendiri kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa berkas – berkas tersebut.

lalu bagaimana jika status kita sudah tidak bekerja lagi atau sudah non aktif ??

Proses penggabungan saldo JHT 2 kartu bisa di lakukan di kantor bpjs Ketenagakerjaan, proses cukup mudah dan bisa sekalian di cairkan jika anda sudah mengganngur lebih dari 1 bulan.

Demikianlah informasi mengenai cara menggabungkan saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari informasi tersebut.